Sekolah : SD/MI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/semester : III/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami teks
dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan
membaca dongeng.
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan,
pengalaman, dan petunjuk
dengan bercerita dan memberikan
tanggapan/saran.
3. memahami penjelasan tentang petunjuk
dan cerita anak yang
dilisankan.
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dalam bentuk
paragraf dan puisi.
Kompetensi Dasar : 2.1 Menjelaskan isi teks melalui membaca
intensif.
2.2
Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah
dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami.
2.3 Melakukan
sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
secara
lisan.
2.4 Menyusun
paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan
penggunaan ejaan.
Indikator : 2.1.1 Menjelaskan
kata-kata sulit.
2.1.2 Menanggapi masalah
2.1.3 melakukan kegiatan sesuai
penjelasan/petunjuk yang didengar.
2.1.4 Menyusun paragraf.
Alokasi Waktu : 14 x 35 menit (7 x pertemuan)
1. Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa dapat mencari kata-kata sukar yang
terdapat dalam bacaan.
b.
Siswa dapat mengartikan kata-kata sukar
dalam bacaan.
c.
Siswa dapat membuat kalimat dengan
kata-kata sukar yang terdapat dalam bacaan.
d.
Siswa mampu memberikan saran sederhana
terhadap suatu masalah.
e.
Siswa mampu menyampaikan contoh-contoh
yang merupakan kalimat saran.
f.
Siswa dapat membaca petunjuk pemakaian
alat ukur.
g.
Siswa dapat membuat kalimat atau
petunjuk cara pemakaian alat tertentu.
h.
Siswa mampu menyusun kalimat-kalimat
acak menjadi paragraf yang padu.
i.
Siswa mampu menentukan pokok pikiran
pada suatu paragraf.
j.
Siswa mampu menyempurnakan paragraf
dengan menambahi kalimat.
k.
Siswa mampu membuat paragraf berdasarkan
kalimat-kalimat yang disediakan.
2. Materi Pembelajaran
a.
Kata-kata sukar yang terdapat dalam
kalimat.
b.
Menyusun kalimat dengan kata-kata sukar.
c.
Pemberian tanggapan terhadap suatu
masalah.
d.
Pemberian saran terhadap suatu masalah.
e.
Kalimat-kalimat saran.
f.
Penjelasan/petunjuk penggunaan alat
ukur.
g.
Menyusun kalimat petunjuk penggunaan
suatu alat ukur.
h.
Penyusunan paragraf.
3. Metode Pembelajaran
a.
Ceramah bervariasi
b.
Tanya jawab
c.
Penugasan
4. Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
a.
Kegiatan awal
Siswa dan guru mengadakan tanya jawab tentang
pertumbuhan makhluk hidup.
b.
Kegiatan inti
1)
Siswa membaca bacaan secara intensif
dalam hati.
2)
Secara bergantian siswa membaca bacaan
dengan bersuara.
3)
Siswa mencari dan mendaftar kata-kata
sukar yang terdapat dalam bacaan.
4)
Siswa mendiskusikan dan mencari makna
kata-kata sukar.
5)
Siswa mencoba menjawab pertanyaan
bacaan.
c.
Kegiatan akhir
1)
Tanya jawab tentang jawaban pertanyaan
bacaan.
2)
Memberikan tugas rumah untuk membuat
kalimat dengan kata-kata yang terdapat dalam bacaan.
3)
Siswa dan guru melakukan refleksi.
Pertemuan
Kedua
a.
Kegiatan Awal
1)
Siswa dan guru mengadakan tanya jawab
pelajaran yang lalu.
2)
Membahas hasil tugas rumah.
b.
Kegiatan Inti
1)
Siswa membaca bacaan secara intensif
untuk memahami isi bacaan.
2)
Siswa dan guru mengadakan tanya jawab
tentang isi bacaan.
3)
Siswa membuat kalimat dengan kata-kata
yang terdapat dalam bacaan.
4)
Siswa mencoba mendiskusikan pokok pikiran
yang terdapat dalam bacaan.
5)
Diskusi kelas membahas hasil diskusi
tiap-tiap kelompok.
c.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru melakukan refleksi.
Pertemuan
Ketiga
a.
Kegiatan Awal
Siswa
dan guru mengadakan tanya jawab tentang berbagai masalah yang dihadapi
seseorang.
b.
Kegiatan Inti
1)
Siswa dalam satu meja saling menanyakan
dan mencatat permasalahan yang dihadapi.
2)
Siswa memberikan tanggapan atas
permasalahan yang dihadapi temannya.
3)
Siswa mencoba memberikan saran kepada
temannya atas permasalahan yang dihadapi.
4)
Siswa menentukan “masalah” dari kasus
yang diberikan guru.
5)
Siswa memberikan tanggapan dan saran
atas “masalah” dala studi kasus yang diberikan guru.
6)
Siswa dan guru mengadakan tanya jawab
tentang hasil diskusi.
c.
Kegiatan Akhir
1)
Guru memberikan tugas rumah untuk
membuat kalimat-kalimat saran.
2)
Siswa dan guru melakukan refleksi.
Pertemuan
Keempat
a.
Kegiatan Awal
1)
Membahas tugas rumah yang telah
dikerjakan.
2)
Tanya jawab tentang petunjuk-petunjuk
dan penjelasan-penjelasan dalam kehidupan sehari-hari.
b.
Kegiatan Inti
1)
Siswa memperhatikan petunjuk penggunaan
sesuatu yang terdapat dalam suatu kemasan.
2)
Siswa mempraktikkan sesuatu seperti
petunjuk yang dibaca pada suatu kemasan.
3)
Siswa mencoba melakukan penimbangan
badan dan pengukuran tinggi badan.
4)
Siswa membuat penjelasan cara menimbang
atau mengukur tinggi badan.
5)
Diskusi kelas membahas hasil diskusi
dari masing-masing kelompok.
c.
Kegiatan Akhir
1)
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok.
2)
Siswa dan guru melakukan refleksi.
Pertemuan
Kelima
a.
Kegiatan Awal
Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu.
b.
Kegiatan Inti
1)
Siswa membuat penjelasan tentang suatu
kegiatan yang harus dilaksanakan.
2)
Siswa membuat petunjuk tentang
penggunaan atau pemakaian sesuatu secara berkelompok
3)
Masing-masing kelompok menyampaikan
laporan hasil diskusi.
4)
Mengadakan tanya jawab tentang hasil
diskusi.
c.
Kegiatan Akhir
1)
Memajang hasil diskusi kelompok.
2)
Siswa dan guru melakukan refleksi.
Pertemuan
Keenam
a.
Kegiatan Awal
Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu.
b.
Kegiatan Inti
1)
Siswa membaca teks bacaan singkat.
2)
Guru membimbing kegiatan tanya jawab
siswa tentang isi bacaan.
3)
Siswa berlatih menyusun paragraf dari
kalimat yang masih acak.
4)
Siswa berlatih membuat paragraf dari
kalimat yang sudah ditentukan.
c.
Kegiatan Akhir
Guru memberikan penugasan rumah.
Pertemuan
Ketujuh
a.
Kegiatan Awal
Tanya jawab dan membahas pekerjaan rumah.
b.
Kegiatan Inti
1)
Siswa membuat paragraf berdasarkan pokok
pikiran yang sudah ditetapkan.
2)
Tanya jawab dan membahas paragraf yang
telah dibuat dengan penekanan pada ejaan.
3)
Siswa menyempurnakan paragraf dengan
menambah kalimat di depan, di tengah, atau di belakang paragraf yang telah
disediakan.
4)
Guru dan siswa membahas hasil pekerjaan
siswa.
c.
Kegiatan Akhir
Guru memberikan evaluasi.
5. Sumber Belajar
a.
Buku Bahasa Indonesia Kelas III SD/MI
b.
LKS Bahasa Indonesia Cemara kelas III
SD/MI
c.
Teks bacaan
d.
Alat-alat ukur
6. Penilaian
a.
Teknik :
unjuk kerja, penugasan
b.
Bentuk instrumen : tes tertulis, lisan, dan simulasi
Mengetahui, ....................... 20....
Kepala
SD ....................... Guru
Mata Pelajaran,
........................ ................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar