Minggu, 07 Juli 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN BAHASA INDONESIA SD/MI KELAS III GASAL (2)



Sekolah                       : SD/MI
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/semester           : III/1
Standar Kompetensi   : 1. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan
 membaca dongeng.
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk
dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran.
3. memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang
dilisankan.
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk
paragraf dan puisi.

Kompetensi Dasar     :   2.1 Menjelaskan isi teks melalui membaca intensif.
 2.2 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami.
   2.3 Melakukan sesuatu berdasarkan penjelasan yang disampaikan
secara lisan.
   2.4 Menyusun paragraf berdasarkan bahan yang tersedia dengan
memperhatikan penggunaan ejaan.

Indikator                    : 2.1.1 Menjelaskan kata-kata sulit.
                                      2.1.2 Menanggapi masalah
                                      2.1.3 melakukan kegiatan sesuai penjelasan/petunjuk yang didengar.
                                      2.1.4 Menyusun paragraf.

Alokasi Waktu           : 14 x 35 menit (7 x pertemuan)

1.    Tujuan Pembelajaran
a.    Siswa dapat mencari kata-kata sukar yang terdapat dalam bacaan.
b.    Siswa dapat mengartikan kata-kata sukar dalam bacaan.
c.    Siswa dapat membuat kalimat dengan kata-kata sukar yang terdapat dalam bacaan.
d.   Siswa mampu memberikan saran sederhana terhadap suatu masalah.
e.    Siswa mampu menyampaikan contoh-contoh yang merupakan kalimat saran.
f.     Siswa dapat membaca petunjuk pemakaian alat ukur.
g.    Siswa dapat membuat kalimat atau petunjuk cara pemakaian alat tertentu.
h.    Siswa mampu menyusun kalimat-kalimat acak menjadi paragraf yang padu.
i.      Siswa mampu menentukan pokok pikiran pada suatu paragraf.
j.      Siswa mampu menyempurnakan paragraf dengan menambahi kalimat.
k.    Siswa mampu membuat paragraf berdasarkan kalimat-kalimat yang disediakan.


2.    Materi Pembelajaran
a.    Kata-kata sukar yang terdapat dalam kalimat.
b.    Menyusun kalimat dengan kata-kata sukar.
c.    Pemberian tanggapan terhadap suatu masalah.
d.   Pemberian saran terhadap suatu masalah.
e.    Kalimat-kalimat saran.
f.     Penjelasan/petunjuk penggunaan alat ukur.
g.    Menyusun kalimat petunjuk penggunaan suatu alat ukur.
h.    Penyusunan paragraf.

3.    Metode Pembelajaran
a.    Ceramah bervariasi
b.    Tanya jawab
c.    Penugasan

4.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a.    Kegiatan awal
Siswa dan guru mengadakan tanya jawab tentang pertumbuhan makhluk hidup.
b.    Kegiatan inti
1)   Siswa membaca bacaan secara intensif dalam hati.
2)   Secara bergantian siswa membaca bacaan dengan bersuara.
3)   Siswa mencari dan mendaftar kata-kata sukar yang terdapat dalam bacaan.
4)   Siswa mendiskusikan dan mencari makna kata-kata sukar.
5)   Siswa mencoba menjawab pertanyaan bacaan.
c.    Kegiatan akhir
1)   Tanya jawab tentang jawaban pertanyaan bacaan.
2)   Memberikan tugas rumah untuk membuat kalimat dengan kata-kata yang terdapat dalam bacaan.
3)   Siswa dan guru melakukan refleksi.

Pertemuan Kedua
a.    Kegiatan Awal
1)   Siswa dan guru mengadakan tanya jawab pelajaran yang lalu.
2)   Membahas hasil tugas rumah.
b.    Kegiatan Inti
1)   Siswa membaca bacaan secara intensif untuk memahami isi bacaan.
2)   Siswa dan guru mengadakan tanya jawab tentang isi bacaan.
3)   Siswa membuat kalimat dengan kata-kata yang terdapat dalam bacaan.
4)   Siswa mencoba mendiskusikan pokok pikiran yang terdapat dalam bacaan.
5)   Diskusi kelas membahas hasil diskusi tiap-tiap kelompok.

c.    Kegiatan Akhir
Siswa dan guru melakukan refleksi.

Pertemuan Ketiga
a.    Kegiatan Awal
Siswa dan guru mengadakan tanya jawab tentang berbagai masalah yang dihadapi seseorang.
b.    Kegiatan Inti
1)   Siswa dalam satu meja saling menanyakan dan mencatat permasalahan yang dihadapi.
2)   Siswa memberikan tanggapan atas permasalahan yang dihadapi temannya.
3)   Siswa mencoba memberikan saran kepada temannya atas permasalahan yang dihadapi.
4)   Siswa menentukan “masalah” dari kasus yang diberikan guru.
5)   Siswa memberikan tanggapan dan saran atas “masalah” dala studi kasus yang diberikan guru.
6)   Siswa dan guru mengadakan tanya jawab tentang hasil diskusi.
c.    Kegiatan Akhir
1)   Guru memberikan tugas rumah untuk membuat kalimat-kalimat saran.
2)   Siswa dan guru melakukan refleksi.

Pertemuan Keempat
a.    Kegiatan Awal
1)   Membahas tugas rumah yang telah dikerjakan.
2)   Tanya jawab tentang petunjuk-petunjuk dan penjelasan-penjelasan dalam kehidupan sehari-hari.
b.    Kegiatan Inti
1)   Siswa memperhatikan petunjuk penggunaan sesuatu yang terdapat dalam suatu kemasan.
2)   Siswa mempraktikkan sesuatu seperti petunjuk yang dibaca pada suatu kemasan.
3)   Siswa mencoba melakukan penimbangan badan dan pengukuran tinggi badan.
4)   Siswa membuat penjelasan cara menimbang atau mengukur tinggi badan.
5)   Diskusi kelas membahas hasil diskusi dari masing-masing kelompok.
c.    Kegiatan Akhir
1)   Menyimpulkan hasil diskusi kelompok.
2)   Siswa dan guru melakukan refleksi.

Pertemuan Kelima
a.    Kegiatan Awal
Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu.
b.    Kegiatan Inti
1)   Siswa membuat penjelasan tentang suatu kegiatan yang harus dilaksanakan.
2)   Siswa membuat petunjuk tentang penggunaan atau pemakaian sesuatu secara berkelompok
3)   Masing-masing kelompok menyampaikan laporan hasil diskusi.
4)   Mengadakan tanya jawab tentang hasil diskusi.
c.    Kegiatan Akhir
1)   Memajang hasil diskusi kelompok.
2)   Siswa dan guru melakukan refleksi.

Pertemuan Keenam
a.    Kegiatan Awal
Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu.
b.    Kegiatan Inti
1)   Siswa membaca teks bacaan singkat.
2)   Guru membimbing kegiatan tanya jawab siswa tentang isi bacaan.
3)   Siswa berlatih menyusun paragraf dari kalimat yang masih acak.
4)   Siswa berlatih membuat paragraf dari kalimat yang sudah ditentukan.
c.    Kegiatan Akhir
Guru memberikan penugasan rumah.

Pertemuan Ketujuh
a.    Kegiatan Awal
Tanya jawab dan membahas pekerjaan rumah.
b.    Kegiatan Inti
1)   Siswa membuat paragraf berdasarkan pokok pikiran yang sudah ditetapkan.
2)   Tanya jawab dan membahas paragraf yang telah dibuat dengan penekanan pada ejaan.
3)   Siswa menyempurnakan paragraf dengan menambah kalimat di depan, di tengah, atau di belakang paragraf yang telah disediakan.
4)   Guru dan siswa membahas hasil pekerjaan siswa.
c.    Kegiatan Akhir
Guru memberikan evaluasi.

5.    Sumber Belajar
a.    Buku Bahasa Indonesia Kelas III SD/MI
b.    LKS Bahasa Indonesia Cemara kelas III SD/MI
c.    Teks bacaan
d.   Alat-alat ukur

6.    Penilaian
a.    Teknik                          : unjuk kerja, penugasan
b.    Bentuk instrumen          : tes tertulis, lisan, dan simulasi



Mengetahui,                                                                            ....................... 20....
Kepala SD .......................                                                               Guru Mata Pelajaran,


........................                                                                         ................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar