Minggu, 07 Juli 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN BAHASA INDONESIA SD/MI KELAS III GASAL (c)



Sekolah                       : SD/MI
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/semester           : III/1
Tema                          : Kesehatan
Standar Kompetensi : 1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang
dilisankan.
 2. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan
membaca dongeng.
   3. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk
dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran.
 4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk
paragraf dan puisi.

Kompetensi Dasar     : 3.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan
secara lisan.
 3.2 Menjelaskan isi teks (100-150 kata) melalui membaca intensif.
 3.3 Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
 3.4 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.

Indikator                    : 3.1.1 Mengkritik isi cerita.
                                      3.1.2 Menyimpulkan isi teks.
                                      3.1.3 Melakukan atau membuat sesuatu secara runtut.
                                      3.1.4 Mengubah puisi anak ke dalam bentuk prosa.

Alokasi Waktu           : 16 x 35 menit (8 x pertemuan)

1.    Tujuan Pembelajaran
a.    Siswa mampu memberikan kritik isi cerita.
b.    Siswa mampu membuat cerita.
c.    Siswa mampu memberikan tanggapan cerita yang dibuat teman.
d.   Siswa mampu menyimpulkan isi teks bacaan.
e.    Siswa mampu menanggapi isi teks/bacaan.
f.     Siswa mampu bermain peran berdasarkan isi teks/bacaan.
g.    Siswa dapat menjelaskan tata urutan melakukan/membuat sesuatu.
h.    Siswa mampu melakukan kegiatan secara runtut sesuai petunjuk yang didengar.
i.      Siswa mampu membaca puisi anak yang disediakan.
j.      Siswa mampu menceritakan isi puisi anak yang dibacanya.
k.    Siswa dapat mengubah puisi menjadi prosa.

2.    Materi Pembelajaran
a.    Kritikan terhadap isi cerita yang meliputi isi, diksi, bahasa, karakter tokoh, dll.
b.    Menyusun cerita
c.    Simpulan isi cerita
d.   Tanggapan isi teks/bacaan
e.    Bermain peran
f.     Penjelasan/petunjuk melakukan sesuatu
g.    Isi puisi
h.    Parafrasa

3.    Metode Pembelajaran
a.    Ceramah bervariasi
b.    Tanya jawab
c.    Penugasan
d.   Diskusi

4.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a.    Kegiatan awal
Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu berkenaan dengan paragraf.
b.    Kegiatan inti
1)   Siswa membaca cerita yang telah disiapkan guru.
2)   Siswa menyusun kritikan terhadap isi cerita, diksi, bahasa yang digunakan, dan karakter tokoh-tokohnya.
3)   Setiap kelompok menyampaikan hasil diskusi sesuai dengan tugasnya di depan kelas.
4)   Diskusi kelas membahas laporan tiap-tiap kelompok.

c.    Kegiatan akhir
1)   Menarik kesimpulan dari diskusi.
2)   Siswa dan guru melakukan refleksi.

Pertemuan Kedua
a.    Kegiatan Awal
Siswa dan guru mengadakan tanya jawab pelajaran yang lalu.
b.    Kegiatan Inti
1)   Siswa membaca suatu cerita yang sudah dibahas pada pelajaran yang lalu.
2)   Setiap siswa mencoba membuat cerita pendek dengan arahan guru.
3)   Guru memberikan penilaian tentang tugas yang dibuat siswa.
c.    Kegiatan Akhir
Siswa dan guru melakukan refleksi.



Pertemuan Ketiga
a.    Kegiatan Awal
Guru membahas pelajaran yang lalu.
b.    Kegiatan Inti
1)   Siswa membaca dengan intensif teks/bacaan (100-150 kata).
2)   Siswa dan guru mengadakan tanya jawab tentang isi bacaan.
3)   Siswa membuat simpulan isi bacaan dan memberikan tanggapan.
c.    Kegiatan Akhir
Siswa dan guru melakukan refleksi.

Pertemuan Keempat
a.    Kegiatan Awal
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang pelajaan yang lalu.
b.    Kegiatan Inti
1)   Siswa membaca dengan intensif teks/bacaan (100-150 kata).
2)   Siswa bermain peran/melakukan aktivitas sesuai dengan isi bacaan.
3)   Guru membimbing siswa membahas aktivitas bermain peran.
c.    Kegiatan Akhir
Siswa dan guru melakukan refleksi.

Pertemuan Kelima
a.    Kegiatan Awal
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa cara melakukan sesuatu secara runtut.
b.    Kegiatan Inti
1)   Guru menyiapkan alat simulasi.
2)   Guru menjelaskan urutan melakukan sesuatu dengan benar seperti cara menyalakan obat nyamuk, mencuci dan menjemur baju, atau menyalakan kompor.
3)   Siswa mempraktikkan pekerjaan yang dicontohkan guru secara bergiliran.
4)   Diskusi kelas membahas aktivitas yang telah dilakukan siswa.
c.    Kegiatan Akhir
Menarik kesimpulan dari hasil diskusi.

Pertemuan Keenam
a.    Kegiatan Awal
Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu.
b.    Kegiatan Inti
1)   Siswa memperhatikan petunjuk penggunaan obat.
2)   Siswa memahami dan membahas penjelasan makna petunjuk dalam suatu kemasan (contoh kemasan obat) secara berkelompok.
3)   Siswa membuat laporan tertulis tentang hasil diskusi.
4)   Guru memimpin diskusi kelas berdasarkan hasil diskusi seluruh kelompok.

c.    Kegiatan Akhir
Guru memberikan penugasan rumah.

Pertemuan Ketujuh
a.    Kegiatan Awal
Tanya jawab dan membahas pekerjaan rumah.
b.    Kegiatan Inti
1)   Guru menyiapkan sebuah puisi untuk dibaca di depan kelas.
2)   Guru menunjuk seorang siswa untuk membaca puisi seperti yang telah dicontohkan oleh guru.
3)   Siswa membaca puisi satu per satu di depan kelas.
c.    Kegiatan Akhir
Guru memberikan penugasan membuat puisi dengan tema bebas.

Pertemuan Kedelapan
a.    Kegiatan Awal
Guru membahas dan memberikan penilaian pekerjaan rumah siswa.
b.    Kegiatan Inti
1)   Guru memberikan sebuah puisi yang belum selesai yang dilengkapi gambar.
2)   Siswa mencoba melengkapi atau menyempurnakan puisi tersebut secara berkelompok.
3)   Setiap kelompok mencoba memparafrasekan puisi yang telah disempurnakan.
c.    Kegiatan Akhir
1)   Mengumpulkan pekerjaan untuk dikoreksi guru.
2)   Siswa dan guru melakukan refleksi.

5.    Sumber Belajar
a.    Buku Bahasa Indonesia Kelas III SD/MI
b.  Teks bacaan dan puisi
     c.  Gambar-gambar
d.  Kemasan obat dan media lain yang mendukung

6.    Penilaian
a.    Teknik                            : unjuk kerja, penugasan
b.    Bentuk instrumen          : tes tertulis, lisan, dan simulasi









Tidak ada komentar:

Posting Komentar