Sekolah : SD/MI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/semester : III/1
Tema :
Kesehatan
Standar Kompetensi :
1. Memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang
dilisankan.
2.
Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan
membaca dongeng.
3. Mengungkapkan pikiran, perasaan,
pengalaman, dan petunjuk
dengan bercerita dan memberikan
tanggapan/saran.
4.
Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk
paragraf dan puisi.
Kompetensi Dasar : 3.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak
yang disampaikan
secara lisan.
3.2 Menjelaskan isi teks (100-150 kata)
melalui membaca intensif.
3.3
Menjelaskan urutan membuat atau melakukan sesuatu dengan
kalimat yang runtut dan mudah dipahami.
3.4
Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
Indikator : 3.1.1 Mengkritik isi
cerita.
3.1.2 Menyimpulkan isi teks.
3.1.3 Melakukan atau membuat sesuatu secara
runtut.
3.1.4 Mengubah puisi anak ke dalam bentuk
prosa.
Alokasi Waktu : 16 x 35 menit (8 x pertemuan)
1. Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa mampu memberikan kritik isi cerita.
b.
Siswa mampu membuat cerita.
c.
Siswa mampu memberikan tanggapan cerita
yang dibuat teman.
d.
Siswa mampu menyimpulkan isi teks bacaan.
e.
Siswa mampu menanggapi isi teks/bacaan.
f.
Siswa mampu bermain peran berdasarkan
isi teks/bacaan.
g.
Siswa dapat menjelaskan tata urutan
melakukan/membuat sesuatu.
h.
Siswa mampu melakukan kegiatan secara
runtut sesuai petunjuk yang didengar.
i.
Siswa mampu membaca puisi anak yang
disediakan.
j.
Siswa mampu menceritakan isi puisi anak
yang dibacanya.
k.
Siswa dapat mengubah puisi menjadi prosa.
2. Materi Pembelajaran
a.
Kritikan terhadap isi cerita yang
meliputi isi, diksi, bahasa, karakter tokoh, dll.
b.
Menyusun cerita
c.
Simpulan isi cerita
d.
Tanggapan isi teks/bacaan
e.
Bermain peran
f.
Penjelasan/petunjuk melakukan sesuatu
g.
Isi puisi
h.
Parafrasa
3. Metode Pembelajaran
a.
Ceramah bervariasi
b.
Tanya jawab
c.
Penugasan
d.
Diskusi
4. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
a.
Kegiatan awal
Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu berkenaan
dengan paragraf.
b.
Kegiatan inti
1)
Siswa membaca cerita yang telah
disiapkan guru.
2)
Siswa menyusun kritikan terhadap isi
cerita, diksi, bahasa yang digunakan, dan karakter tokoh-tokohnya.
3)
Setiap kelompok menyampaikan hasil
diskusi sesuai dengan tugasnya di depan kelas.
4)
Diskusi kelas membahas laporan tiap-tiap
kelompok.
c.
Kegiatan akhir
1)
Menarik kesimpulan dari diskusi.
2)
Siswa dan guru melakukan refleksi.
Pertemuan
Kedua
a.
Kegiatan Awal
Siswa dan guru mengadakan tanya jawab pelajaran yang
lalu.
b.
Kegiatan Inti
1)
Siswa membaca suatu cerita yang sudah
dibahas pada pelajaran yang lalu.
2)
Setiap siswa mencoba membuat cerita
pendek dengan arahan guru.
3)
Guru memberikan penilaian tentang tugas
yang dibuat siswa.
c.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru melakukan refleksi.
Pertemuan
Ketiga
a.
Kegiatan Awal
Guru
membahas pelajaran yang lalu.
b.
Kegiatan Inti
1)
Siswa membaca dengan intensif
teks/bacaan (100-150 kata).
2)
Siswa dan guru mengadakan tanya jawab
tentang isi bacaan.
3)
Siswa membuat simpulan isi bacaan dan
memberikan tanggapan.
c.
Kegiatan Akhir
Siswa
dan guru melakukan refleksi.
Pertemuan
Keempat
a.
Kegiatan Awal
Guru
mengadakan tanya jawab dengan siswa tentang pelajaan yang lalu.
b.
Kegiatan Inti
1)
Siswa membaca dengan intensif
teks/bacaan (100-150 kata).
2)
Siswa bermain peran/melakukan aktivitas
sesuai dengan isi bacaan.
3)
Guru membimbing siswa membahas aktivitas
bermain peran.
c.
Kegiatan Akhir
Siswa
dan guru melakukan refleksi.
Pertemuan
Kelima
a.
Kegiatan Awal
Guru mengadakan tanya jawab dengan siswa cara
melakukan sesuatu secara runtut.
b.
Kegiatan Inti
1)
Guru menyiapkan alat simulasi.
2)
Guru menjelaskan urutan melakukan
sesuatu dengan benar seperti cara menyalakan obat nyamuk, mencuci dan menjemur
baju, atau menyalakan kompor.
3)
Siswa mempraktikkan pekerjaan yang
dicontohkan guru secara bergiliran.
4)
Diskusi kelas membahas aktivitas yang
telah dilakukan siswa.
c.
Kegiatan Akhir
Menarik kesimpulan dari hasil diskusi.
Pertemuan
Keenam
a.
Kegiatan Awal
Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu.
b.
Kegiatan Inti
1)
Siswa memperhatikan petunjuk penggunaan
obat.
2)
Siswa memahami dan membahas penjelasan
makna petunjuk dalam suatu kemasan (contoh kemasan obat) secara berkelompok.
3)
Siswa membuat laporan tertulis tentang
hasil diskusi.
4)
Guru memimpin diskusi kelas berdasarkan
hasil diskusi seluruh kelompok.
c.
Kegiatan Akhir
Guru memberikan penugasan rumah.
Pertemuan
Ketujuh
a.
Kegiatan Awal
Tanya jawab dan membahas pekerjaan rumah.
b.
Kegiatan Inti
1)
Guru menyiapkan sebuah puisi untuk
dibaca di depan kelas.
2)
Guru menunjuk seorang siswa untuk
membaca puisi seperti yang telah dicontohkan oleh guru.
3)
Siswa membaca puisi satu per satu di
depan kelas.
c.
Kegiatan Akhir
Guru memberikan penugasan membuat puisi dengan tema
bebas.
Pertemuan
Kedelapan
a.
Kegiatan Awal
Guru membahas dan memberikan penilaian pekerjaan
rumah siswa.
b.
Kegiatan Inti
1)
Guru memberikan sebuah puisi yang belum
selesai yang dilengkapi gambar.
2)
Siswa mencoba melengkapi atau
menyempurnakan puisi tersebut secara berkelompok.
3)
Setiap kelompok mencoba memparafrasekan
puisi yang telah disempurnakan.
c.
Kegiatan Akhir
1)
Mengumpulkan pekerjaan untuk dikoreksi
guru.
2)
Siswa dan guru melakukan refleksi.
5. Sumber Belajar
a.
Buku Bahasa Indonesia Kelas III SD/MI
b. Teks bacaan dan puisi
c. Gambar-gambar
d. Kemasan obat dan media lain yang
mendukung
6. Penilaian
a.
Teknik : unjuk kerja, penugasan
b.
Bentuk instrumen : tes tertulis, lisan, dan simulasi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar