Minggu, 07 Juli 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN SOSIOLOGI XI SMA (MOBILITAS SOSIAL)





Mata Pelajaran              : Sosiologi     
Kelas/ Semester            : XI IPS / 1
Alokasi waktu               :  2 x 45 menit

A.       Standar Kompetensi   
Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial.

B.            Kompetensi Dasar
Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial.

C.           Indikator
a.       Membedakan jenis-jenis mobilitas sosial.
b.      Mendeskripsikan proses terjadinya mobilitas sosial.

D.           Materi Pembelajaran
1.      Pengertian mobilitas sosial
2.      Bentuk-bentuk mobilitas sosial
a.    Mobilitas sosial berdasarkan tipe
-          Mobilitas sosial vertikal
-          Mobilitas sosial horisontal
-          Mobilitas sosial lateral
b.   Mobilitas sosial berdasarkan ruang lingkup
-          Mobilitas intragenerasi
-          Mobilitas antar generasi
3.      Faktor-faktor penyebab mobilitas sosial
-          Faktor pendorong
-          Faktor penghambat

E.            Metode Pembelajaran
1.      Ceramah
2.      Tanya Jawab dan diskusi

F.            Model Pembelajaran  
Find and Match ( temukan dan cocokkan )

G.           Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
1.      Pendahuluan ( 10 menit )
·         Apersepsi
-          Menanyakan siswa tentang pengetahuannya berkenaan dengan mobilitas sosial.
-          Membagi pengalaman guru dengan siswa tentang mobilitas sosial.
·         Motivasi
-          Menyampaikan tujuan dan kegunaan mempelajari mobilitas sosial.
-          Menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai.
2.      Kegiatan Inti ( 65 menit )
·         Guru menyampaikan materi dengan metode ceramah berkenaan dengan mobilitas sosial menyangkut pengertian, bentuk, dan faktor pendorong maupun penghambat mobilitas sosial.
·         Guru menyiapkan sejumlah kartu yang telah tertulis soal dan jawaban.
·         Setiap siswa mendapat kartu dan memikirkan soal atau jawaban dari kartu yang dipegang.
·         Siswa mencari pasangan yang mempunyai kartu yang cocok dengan kartunya.
·         Siswa yang dapat mencocokkkan kartu sebelum batas waktu akan diberi poin lebih.
·         Kartu dikocok kembali agar tiap siswa mendapat kartu yang berbeda dari kartu yang sebelumnya.
·         Guru memberi kesimpulan di akhir kegiatan.
3.      Penutup ( 15 menit )
·         Guru memberikan tugas, tiap siswa diminta membuat tiga soal tentang bentuk-bentuk mobilitas sosial.
·         Guru memberikan tugas kepada siswa untuk membaca materi tentang dampak-dampak serta saluran-saluran mobilitas sosial.

H.    Alat dan Sumber Bahan
1.      Buku referensi yang relevan
o   Muin, Idianto. 2006. Sosiologi SMA/MA untuk Kelas XI. Jakarta : Erlangga.
o   Soekanto, Soerjono. 2002. Sosiologi : Suatu Pengantar. Jakarta : PT Raja Grafindo.
2.      Kartu yang bertuliskan soal dan jawaban

I.       Penilaian
a)         Memberi tugas individu
b)        Test tertulis


                                                                                               Semarang,    Oktober 2011


                                                                                               Siti Ruchayati, S. Pd
                                                                                              

TEST TERTULIS
a)      Jelaskan yang dimaksud mobilitas sosial vertikal naik! Berikan contohnya!
b)      Jelaskan perbedaan mobilitas sosial intragenerasi dan antargenerasi!
c)      Sebutkan faktor-faktor yang menghambat mobilitas sosial! Jelaskan!
d)     Berikan contoh mobilitas struktural yang sering terjadi dalam suatu masyarakat!
e)      Mengapa pertumbuhan penduduk juga mendorong terjadinya mobilitas sosial?
KUNCI JAWABAN
a)      Mobilitas sosial vertikal naik adalah perubahan kelas sosial yang dialami individu atau kelompok sosial yang lebih tinggi dari sebelumnya. Contohnya : pengamen yang menjadi artis terkenal.
b)      Perbedaan dari mobilitas sosial intragenerasi dengan antargenerasi terletak pada pelakunya. Jika intragenerasi, pelakunya adalah individu yang bersangkutan, terjadi sepanjang hayat atau selama hidupnya. Sedangkan antargenerasi, pelakunya adalah berbeda generasi, bisa dua generasi atau lebih. Misalnya ayah dengan anak atau kakek dengan cucunya.
c)      Faktor-faktor penghambat mobilitas sosial :
-          Perbedaan ras dan agama, yang umumnya dirasakan oleh ras minoritas. Kesempatan untuk melakukan mobilitas sangat sulit karena terhambatnya akses suatu kelompok masyarakat di bidang politik, ekonomi, sosial, dan budaya. Pada kelompok sosial tertentu, ajaran agama ditafsirkan sangat sempit sehingga terkadang cenderung mengekang para pemeluknya untuk melakukan mobilitas.
-          Diskriminasi kelas, disebabkan oleh perbedaan perlakuan terhadap kelas tertentu yang dianggap lebih rendah.
-          Kemiskinan, menyebabkan terbatasnya akses individu atau kelompok untuk melakukan mobilitas. Akses tersebut misalnya di bidang informasi dan pendidikan sehingga menjadi tertinggal dengan kelompok sosial yang lain.
d)     Mobilitas struktural merupakan mobilitas yang disebabkan oleh inovasi teknologi, urbanisasi, pertumbuhan ekonomi, dan kejadian lain yang mengubah struktur dan jenis kelompok-kelompok dalam masyarakat. Contohnya : bencana yang akhir-akhir ini banyak terjadi di tanah air, membuat struktur masyarakat mengalami perubahan. Orang yang semula berada di kelas atas menjadi kelas bawah karena kehilangan harta benda.
e)      Pertambahan penduduk yang tidak diimbangi dengan peningkatan pendapatan, akan menyebabkan beban tersendiri karena kebutuhan semakin meningkat sedangkan pendapatan tidak. Hal ini mendorong seorang individu atau kelompok melakukan mobilitas sosial horisontal (misalnya berpindah pekerjaan) atau mobilitas lateral (geografis).

Soal dan Jawaban Pada Kartu
  1. Apa definisi dari mobilitas sosial?
( 1 jawaban )
Suatu perpindahan atau perubahan status sosial  yang dialami individu/kelompok
  1. Mobilitas berasal dari kata ....... yang berarti.......
( 1 jawaban )
-        Mobilis
-        Mudah dipindahkan
  1. Berdasarkan tipenya, mobilitas sosial terbagi menjadi 2 : ...........
( 2 jawaban )
a.       Mobilitas sosial vertikal
b.      Mobilitas sosial horisontal
  1. Mobilitas sosial vertikal dibagi menjadi 2 :............
( 2 jawaban )
a.         Mobilitas sosial vertikal naik ( social climbing mobility)
b.         Mobilitas sosial vertikal turun ( social sinking mobility )
  1. Persamaan dari mobilitas sosial lateral : . . . . . .
( 1 jawaban )
Mobilitas geografis
  1. Berdasarkan ruang lingkupnya, mobilitas sosial dibagi menjadi 2 : . . . . . .
( 2 jawaban )
a.         Mobilitas sosial intragenerasi
b.         Mobilitas sosial antargenerasi
  1. Sebutkan  faktor pendorong mobilitas sosial !
( 4 jawaban )
a.         Keadaan ekonomi
b.         status sosial
c.         situasi politik
d.        keinginan melihat wilayah lain
  1. Sebutkan 4 faktor penghambat mobilitas sosial !
( 4 jawaban )
a.       Perbedaan ras dan agama
b.      Diskriminasi kelas
c.       Kemiskinan
d.      perbedaan jenis kelamin
  1. Contoh dari mobilitas sosial vertikal naik adalah. . .
( 1 jawaban )
Didi Kempot, dulunya seorang pengamen jalan, berubah menjadi penyanyi terkenal.
  1. Contoh dari mobilitas sosial intragenerasi adalah . . . .
( 1 jawaban )
Harun awalnya seorang penjual koran, kemudian menjadi agen utama koran dan tabloid. Tapi karena bangkrut beralih menjadi pedagang asongan.
  1. Contoh dari mobilitas sosial horisontal adalah. . .
( 1 jawaban )
Seorang guru sejarah dari SMA 1 Salatiga pindah menjadi guru sejarah di SMA 1 Tuntang
  1. Contoh dari mobilitas sosial vertikal turun : . .
( 1 jawaban )
Antazari Azhar yang awalnya menjabat Ketua KPK kini menjadi tahanan dan dipecat dari jabatan semula.
  1. Contoh dari mobilitas sosial antargenerasi adalah . . .
( 1 jawaban )
Anton seorang guru SMA. Dulu ayahnya hanya seorang petani. Dan kini anaknya menjadi pengusaha ekspor





Tidak ada komentar:

Posting Komentar