Minggu, 07 Juli 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMELAJARAN BAHASA INDONESIA SD/MI KELAS III GASAL (a)



Sekolah                       : SD/MI
Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia
Kelas/semester           : III/1
Standar Kompetensi   : 1. Memahami teks dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan
 membaca dongeng.
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman, dan petunjuk
dengan bercerita dan memberikan tanggapan/saran.
3. memahami penjelasan tentang petunjuk dan cerita anak yang
dilisankan.
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan informasi dalam bentuk
paragraf dan puisi.

Kompetensi Dasar     : 1.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat) dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
 2.1 Memberikan tanggapan dan saran sederhana terhadap suatu
masalah dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami.
 3.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang disampaikan secara
lisan.
 4.1 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.

Indikator                    : 1.1.1 Membaca nyaring dengan intonasi dan lafal yang tepat.
                                      1.1.2 Membahas masalah dengan runtut.
                                      1.1.3 Menjelaskan karakteristik tokoh cerita.
                                      1.1.4 Menyusun kalimat puisi sederhana.

Alokasi Waktu           : 14 x 35 menit (7 x pertemuan)

1.    Tujuan Pembelajaran
a.    Siswa dapat membaca nyaring dengan intonasi dan lafal yang tepat.
b.    Siswa mampu membahas masalah dengan kalimat yang runtut.
c.    Siswa mampu memberikan saran terhadap suatu masalah yang dihadapi team.
d.   Siswa mampu menjelaskan karakteristik tokoh dalam suatu cerita.
e.    Siswa mampu menyusun kalimat puisi sederhana berdasarkan gambar.

2.    Materi Pembelajaran
a.    Bacaan/teks (20-25 kata) untuk dibaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat.
b.    Penyampaian tanggapan terhadap suatu masalah atau pengalaman teman.
c.    Pemberian saran terhadap suatu masalah atau pengalaman teman.
d.   Karakteristik tokoh dalam cerita meliputi sifat dan ciri-ciri fisik.
e.    Komentar/kritik tentang tokoh dalam cerita/isi cerita.
f.     Kalimat-kalimat sederhana untuk menyusun puisi.
3.    Metode Pembelajaran
a.    Ceramah bervariasi
b.    Tanya jawab
c.    Penugasan
d.   Demonstrasi

4.    Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan Pertama
a.    Kegiatan awal
Siswa diajak bertanya tentang seorang pembaca berita di radio atau televisi.
b.    Kegiatan inti
1)   Siswa membaca bacaan pendek dalam hati.
2)   Siswa bertanya jawab dengan guru tentang kata-kata yang belum jelas maknanya.
3)   Siswa mendengarkan penjelasan teknik membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang benar.
4)   Siswa mendengarkan contoh cara membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang benar.
5)   Siswa mendengarkan contoh rekaman pembacaan berita dari radio atau televisi.
6)   Secara begiliran, siswa membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang benar.
c.    Kegiatan akhir
1)   Siswa dan guru melakukan refleksi.
2)   Memberikan tugas rumah untuk menyelesaikan paragraf pendek berdasarkan bacaan yang dibaca tadi.

Pertemuan Kedua
a.    Kegiatan Awal
Siswa diajak berdialog tentang kegiatan atau pengalaman yang berkesan yang pernah dialami.
b.    Kegiatan Inti
1)   Siswa membentuk kelompok diskusi.
2)   Salah satu kelompok menyampaikan pengalaman yang pernah dialami.
3)   Anggota kelompok lain mencatat hal-hal pokok yang disampaikan.
4)   Siswa mencoba memberikan tanggapan/saran terhadap cerita kelompok lain.
5)   Diskusi kelas membahas hasil diskusi tiap-tiap kelompok.
c.    Kegiatan Akhir
Siswa dan guru melakukan refleksi.

Pertemuan Ketiga
a.    Kegiatan Awal
Siswa dan guru mengadakan tanya jawab tentang materi yang lalu.
b.    Kegiatan Inti
1)   Siswa mendengarkan penjelasan guru tentang berbagai masalah yang sering dihadapi manusia.
2)   Siswa mencoba mencari beberapa masalah yang sering timbul dan mencarikan solusinya.
3)   Guru menunjuk beberapa siswa untuk menyampaikan hasil pemikirannya.
4)   Siswa dan guru memberikan tanggapan terhadap hal yang disampaikan.
c.    Kegiatan Akhir
1)   Menarik simpulan dari hasil diskusi.
2)   Siswa dan guru melakukan refleksi.

Pertemuan Keempat
a.    Kegiatan Awal
1)   Siswa mendengarkan cerita pendek dari guru.
2)   Siswa bertanya jawab tentang isi cerita pendek yang didengarkannya.
b.    Kegiatan Inti
1)   Siswa membaca dalam hati cerita atau teks bacaan.
2)   Guru menunjuk seorang siswa untuk membaca cerita dengan suara yang keras.
3)   Siswa mendiskusikan bersama teman satu kelas tentang karakter tokoh cerita.
c.    Kegiatan Akhir
1)   Menyimpulkan hasil diskusi kelompok.
2)   Siswa dan guru melakukan refleksi.

Pertemuan Kelima
a.    Kegiatan Awal
Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu.
b.    Kegiatan Inti
1)   Mendengarkan kembali cerita yang sudah didiskusikan pada pertemuan yang lalu.
2)   Siswa mencatat karakteristik tokoh dalam cerita yang didengarnya.
3)   Guru memimpin diskusi siswa tentang bermacam karakteristik tokoh.
c.    Kegiatan Akhir
1)   Menarik simpulan dari hasil diskusi.
2)   Siswa dan guru melakukan refleksi.

Pertemuan Keenam
a.    Kegiatan Awal
Mendengarkan sebuah puisi yang merupakan syair sebuah lagu yang dibaca guru.
b.    Kegiatan Inti
1)   Membaca syair yang sebelumnya dibaca oleh guru.
2)   Menyanyikan lagu dari syair yang tadi dibacanya.
3)   Mendengarkan penjelasan guru tentang kalimat-kalimat puisi.
4)   Siswa memperhatikan gambar-gambar yang dipasang guru di papan tulis.
5)   Siswa mencoba merangkai kalimat berdasarkan gambar dan menjadi sebuah puisi.
c.    Kegiatan Akhir
1)   Guru memberikan penilaian terhadap pekerjaan siswa.
2)   Guru memberikan tugas rumah membuat puisi sederhana.

Pertemuan Ketujuh
a.    Kegiatan Awal
Tanya jawab dan membahas pekerjaan rumah.
b.    Kegiatan Inti
1)   Siswa menerima beberapa gambar untuk diamati.
2)   Siswa membuat kalimat-kalimat indah berdasarkan gambar yang dipilihnya.
3)   Siswa mencoba menyusun sebuah puisi.
4)   Siswa membacakan puisi di depan kelas.
c.    Kegiatan Akhir
1)   Guru memajang hasil puisi siswa.
2)   Siswa dan guru melakukan refleksi.

5.    Sumber Belajar
a.    Buku Bahasa Indonesia Kelas III SD/MI
b.    LKS Bahasa Indonesia Cemara kelas III SD/MI
c.    Teks bacaan
d.   Gambar-gambar

6.    Penilaian
a.    Teknik                            : unjuk kerja, penugasan
b.    Bentuk instrumen          : tes tertulis, lisan, dan simulasi



Mengetahui,                                                                            ...............,.........20....
Kepala Sekolah                                                                          Guru Mata Pelajaran,


........................                                                                           ...................................

Tidak ada komentar:

Posting Komentar