Sekolah : SD/MI
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/semester : III/1
Standar Kompetensi : 1. Memahami teks
dengan membaca nyaring, membaca intensif, dan
membaca dongeng.
2. Mengungkapkan pikiran, perasaan,
pengalaman, dan petunjuk
dengan bercerita dan memberikan
tanggapan/saran.
3. memahami penjelasan tentang petunjuk
dan cerita anak yang
dilisankan.
4. Mengungkapkan pikiran, perasaan, dan
informasi dalam bentuk
paragraf dan puisi.
Kompetensi Dasar : 1.1 Membaca nyaring teks (20-25 kalimat)
dengan lafal dan intonasi
yang tepat.
2.1 Memberikan tanggapan dan saran sederhana
terhadap suatu
masalah
dengan menggunakan kalimat yang runtut dan mudah
dipahami.
3.1 Mengomentari tokoh-tokoh cerita anak yang
disampaikan secara
lisan.
4.1 Melengkapi puisi anak berdasarkan gambar.
Indikator : 1.1.1 Membaca nyaring
dengan intonasi dan lafal yang tepat.
1.1.2 Membahas masalah dengan runtut.
1.1.3 Menjelaskan karakteristik tokoh cerita.
1.1.4 Menyusun kalimat puisi sederhana.
Alokasi Waktu : 14 x 35 menit (7 x pertemuan)
1. Tujuan Pembelajaran
a.
Siswa dapat membaca nyaring dengan
intonasi dan lafal yang tepat.
b.
Siswa mampu membahas masalah dengan
kalimat yang runtut.
c.
Siswa mampu memberikan saran terhadap
suatu masalah yang dihadapi team.
d.
Siswa mampu menjelaskan karakteristik
tokoh dalam suatu cerita.
e.
Siswa mampu menyusun kalimat puisi
sederhana berdasarkan gambar.
2. Materi Pembelajaran
a.
Bacaan/teks (20-25 kata) untuk dibaca
nyaring dengan lafal dan intonasi yang tepat.
b.
Penyampaian tanggapan terhadap suatu
masalah atau pengalaman teman.
c.
Pemberian saran terhadap suatu masalah
atau pengalaman teman.
d.
Karakteristik tokoh dalam cerita
meliputi sifat dan ciri-ciri fisik.
e.
Komentar/kritik tentang tokoh dalam
cerita/isi cerita.
f.
Kalimat-kalimat sederhana untuk menyusun
puisi.
3. Metode Pembelajaran
a.
Ceramah bervariasi
b.
Tanya jawab
c.
Penugasan
d.
Demonstrasi
4. Langkah-langkah Kegiatan
Pembelajaran
Pertemuan
Pertama
a.
Kegiatan awal
Siswa diajak bertanya tentang seorang pembaca berita
di radio atau televisi.
b.
Kegiatan inti
1)
Siswa membaca bacaan pendek dalam hati.
2)
Siswa bertanya jawab dengan guru tentang
kata-kata yang belum jelas maknanya.
3)
Siswa mendengarkan penjelasan teknik
membaca nyaring dengan lafal dan intonasi yang benar.
4)
Siswa mendengarkan contoh cara membaca
nyaring dengan lafal dan intonasi yang benar.
5)
Siswa mendengarkan contoh rekaman
pembacaan berita dari radio atau televisi.
6)
Secara begiliran, siswa membaca nyaring
dengan lafal dan intonasi yang benar.
c.
Kegiatan akhir
1)
Siswa dan guru melakukan refleksi.
2)
Memberikan tugas rumah untuk menyelesaikan
paragraf pendek berdasarkan bacaan yang dibaca tadi.
Pertemuan
Kedua
a.
Kegiatan Awal
Siswa
diajak berdialog tentang kegiatan atau pengalaman yang berkesan yang pernah
dialami.
b.
Kegiatan Inti
1)
Siswa membentuk kelompok diskusi.
2)
Salah satu kelompok menyampaikan
pengalaman yang pernah dialami.
3)
Anggota kelompok lain mencatat hal-hal
pokok yang disampaikan.
4)
Siswa mencoba memberikan tanggapan/saran
terhadap cerita kelompok lain.
5)
Diskusi kelas membahas hasil diskusi
tiap-tiap kelompok.
c.
Kegiatan Akhir
Siswa dan guru melakukan refleksi.
Pertemuan
Ketiga
a.
Kegiatan Awal
Siswa
dan guru mengadakan tanya jawab tentang materi yang lalu.
b.
Kegiatan Inti
1)
Siswa mendengarkan penjelasan guru
tentang berbagai masalah yang sering dihadapi manusia.
2)
Siswa mencoba mencari beberapa masalah
yang sering timbul dan mencarikan solusinya.
3)
Guru menunjuk beberapa siswa untuk
menyampaikan hasil pemikirannya.
4)
Siswa dan guru memberikan tanggapan
terhadap hal yang disampaikan.
c.
Kegiatan Akhir
1)
Menarik simpulan dari hasil diskusi.
2)
Siswa dan guru melakukan refleksi.
Pertemuan
Keempat
a.
Kegiatan Awal
1)
Siswa mendengarkan cerita pendek dari
guru.
2)
Siswa bertanya jawab tentang isi cerita
pendek yang didengarkannya.
b.
Kegiatan Inti
1)
Siswa membaca dalam hati cerita atau
teks bacaan.
2)
Guru menunjuk seorang siswa untuk
membaca cerita dengan suara yang keras.
3)
Siswa mendiskusikan bersama teman satu
kelas tentang karakter tokoh cerita.
c.
Kegiatan Akhir
1)
Menyimpulkan hasil diskusi kelompok.
2)
Siswa dan guru melakukan refleksi.
Pertemuan
Kelima
a.
Kegiatan Awal
Tanya jawab tentang pelajaran yang lalu.
b.
Kegiatan Inti
1)
Mendengarkan kembali cerita yang sudah
didiskusikan pada pertemuan yang lalu.
2)
Siswa mencatat karakteristik tokoh dalam
cerita yang didengarnya.
3)
Guru memimpin diskusi siswa tentang
bermacam karakteristik tokoh.
c.
Kegiatan Akhir
1)
Menarik simpulan dari hasil diskusi.
2)
Siswa dan guru melakukan refleksi.
Pertemuan
Keenam
a.
Kegiatan Awal
Mendengarkan sebuah puisi yang merupakan syair
sebuah lagu yang dibaca guru.
b.
Kegiatan Inti
1)
Membaca syair yang sebelumnya dibaca
oleh guru.
2)
Menyanyikan lagu dari syair yang tadi
dibacanya.
3)
Mendengarkan penjelasan guru tentang
kalimat-kalimat puisi.
4)
Siswa memperhatikan gambar-gambar yang
dipasang guru di papan tulis.
5)
Siswa mencoba merangkai kalimat
berdasarkan gambar dan menjadi sebuah puisi.
c.
Kegiatan Akhir
1)
Guru memberikan penilaian terhadap
pekerjaan siswa.
2)
Guru memberikan tugas rumah membuat
puisi sederhana.
Pertemuan
Ketujuh
a.
Kegiatan Awal
Tanya jawab dan membahas pekerjaan rumah.
b.
Kegiatan Inti
1)
Siswa menerima beberapa gambar untuk
diamati.
2)
Siswa membuat kalimat-kalimat indah
berdasarkan gambar yang dipilihnya.
3)
Siswa mencoba menyusun sebuah puisi.
4)
Siswa membacakan puisi di depan kelas.
c.
Kegiatan Akhir
1)
Guru memajang hasil puisi siswa.
2)
Siswa dan guru melakukan refleksi.
5. Sumber Belajar
a.
Buku Bahasa Indonesia Kelas III SD/MI
b.
LKS Bahasa Indonesia Cemara kelas III
SD/MI
c.
Teks bacaan
d.
Gambar-gambar
6. Penilaian
a.
Teknik : unjuk kerja, penugasan
b.
Bentuk instrumen : tes tertulis, lisan, dan simulasi
Mengetahui, ...............,.........20....
Kepala
Sekolah Guru Mata Pelajaran,
........................ ...................................
Tidak ada komentar:
Posting Komentar